Ilustrasi

Apakah Anda salah salah satu orang yang tidak pernah mengganggarkan semua biaya? Jika hal buruk ini terus Anda lanjutkan, maka akan membuat Anda sengsara.

Namun bila Anda menganggap diri Anda buruk dalam pengelolaan keuangan dan sulit memiliki waktu yang sesuai kemampuan Anda, maka sebaiknya mulai mempersiapkan diri untuk suatu perubahan. Tidak ada kata terlambat untuk berubah. Hanya dengan beberapa keterampilan, Anda dapat membebaskan diri Anda.

Lalu, apa saja keterampilan yang harus dikuasai? Melansir laman liputan6.com, Senin (2/1/2017), berikut 11 keterampilan anggaran yang harus Anda kuasai:

1. Lihat uang sebagai alat

Untuk penganggaran yang baik, Anda perlu mengembangkan pola pikir uang adalah alat. Hal ini akan membantu Anda melakukan hal-hal yang Anda inginkan dan butuhkan untuk dilakukan. Tidak peduli seberapa banyak atau sedikit uang yang dimiliki, Anda tetap dapat mencapai tujuan.

2. Catat Transanksi

Anda tentu akan membutuhkan catatan transaksi untuk memulai anggaran, maka Anda perlu untuk menjaga catatan transaksi itu. Anda dapat mencatat transaksi dengan cara manual ataupun dengan aplikasi. Belajar mencatat transaksi akan membuat Anda tetap dalam koridor mengatur anggaran yang baik.

3. Mengukur pengeluaran

Belajar untuk mengkategorikan transaksi dengan cara apa pun yang berarti bagi Anda, sehingga Anda dapat melihat berapa banyak Anda menghabiskan uang di hal berbeda. Ini dapat membantu Anda dalam memutuskan hal mana yang harus menghabiskan lebih banyak pengeluaran, hal mana yang dapat menghabiskan anggaran pengeluaran lebih sedikit, dan pengeluaran sehari-hari apa yang dapat kembali Anda potong.

4. Membuat anggaran

Ini merupakan keterampilan yang paling jelas dalam daftar ini, namun ini juga salah satu yang terpenting. Anda dapat membuat anggaran secara manual ataupun melalui aplikasi.

5. Menuliskan Anggaran

Selama proses penganggaran dan catatan, sebaiknya Anda tulis. Jangan coba untuk menjaga anggaran hanya di kepala bukan dengan ditulis karena sewaktu-waktu Anda bisa melupakannya. Sebaiknya menempatkan anggaran yang Anda dapat lebih sering melihatnya sehingga terasa nyata dan Anda akan ingat tujuan.

6. Rencana ke depan

Ketika membuat anggaran, jangan hanya berpikir tentang apa yang Anda butuhkan sekarang, atau bahkan pengeluaran bulanan Anda. Sebaiknya pikirkan pula tentang biaya yang sering kali datang, yaitu asuransi mobil, asuransi jiwa, dan pajak properti. Mulailah untuk menyimpan sedikit uang setiap bulan untuk hal-hal tersebut, sehingga Anda dapat membayar semua itu tanpa khawatir ketika tagihan muncul.

7. Tahan godaan pengeluaran

Jangan sampai tergoda mengeluarkan uang lebih hanya untuk belanja. Dengan berbelanja, Anda bisa melawan arus, terutama jika Anda memiliki banyak utang atau pendapatan yang sangat sedikit. Maka sebaiknya Anda harus sadar bahwa Anda hanya memiliki uang sedikit. Dengan begitu, Anda akan lebih fokus dalam menjaga anggaran dan lebih bisa menahan hasrat untuk berbelanja hal yang tidak penting.

8. Membuat sistem pencatatan keuangan itu bekerja

Jika Anda tidak dapat menggunakan suatu sistem dengan baik, sebaiknya Anda harus mencoba sistem lain. Misalnya, Anda tidak dapat melacak pengeluaran setiap hari, maka sebaiknya Anda mencoba sistem dengan mencatat transaksi seminggu sekali atau lebih. Jika sistem ini tidak bekerja juga untuk Anda, maka sebaiknya terus mencoba sistem yang tepat sampai Anda menemukan sistem yang disuka.

9. Hidup dengan disiplin

Sebaiknya Anda harus mulai menerapkan hidup disiplin. Cara disiplin di sini, yaitu terus memperhatikan anggaran, memperbaruinya, dan ketika Anda tidak punya uang lagi maka berhenti belanja. Dengan disiplin, Anda dapat terus membuat dan menjaga anggaran Anda, mengingatkan diri Anda untuk tujuan yang lebih besar, dan dapat membantu Anda lebih mengontrol hasrat untuk belanja hal tidak penting.

10. Tahu kapan royal

Ada saat-saat dalam kehidupan untuk berbelanja secara royal. Tidak harus pesta berbelanja besar, Anda dapat mencoba dengan hal kecil, seperti pergi minum kopi dengan teman. Terserah Anda untuk memutuskan kapan untuk berbelanja secara royal, tapi pastikan hanya beberapa waktu untuk berbelanja secara royal dalam kehidupan keuangan Anda.

11. Tanyakan diri dengan pertanyaan sulit

Sebaiknya biasakan untuk bertanya pada diri sendiri dengan pertanyaan sulit, seperti “Mengapa saya selalu menghabiskan terlalu banyak hiburan?”  dan “Apakah saya realistis dapat mengambil liburan tahun ini?”. Anda mungkin tidak menyukai jawaban yang dicari, namun menjadi jujur dengan diri sendiri pada akhirnya akan membantu Anda menjadi lebih sadar siapa Anda dan bagaimana hal-hal bekerja di dalam diri Anda. Dari sana, akan membantu Anda mencapai tujuan.

Sumber : bisnis.liputan6.com