Tampak petugas Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Muaraenim menggelar sosialisasi pengenalan program Payment Reminder Sistem (PRS) di Griya Sintesa Muaraenim.

Badan Penyelenggara Jaminan Sosial (BPJS) Ketenagakerjaan Cabang Muaraenim menggelar sosialisasi pengenalan program Payment Reminder Sistem (PRS) kepada 60 perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan, di Griya Sintesa Muaraenim.

Program PRS adalah sistem layanan berbasis pesan pendek dan pengingat melalui SMS untuk pembayaran iuran kecelakaan kerja, kematian, hari tua dan pensiun,” terang Kepala Cabang BPJS Ketenagakerjaan Muaraenim Nolli Noor Amin melalui Kepala Bidang Pemasaran BPJS Cabang Muaraenim, Yose Rizal, Senin (19/12/2016).

Menurut Yose mengungkapkan program PRS ini mengacu pada undang–undang 24 tahun 2011 tentang BPJS yang dilounching 21 November 2016.

Selain itu program ini bermanfaaat sebagai pengingat pembayaran iuran dan pelaporan data bagi perusahaan peserta BPJS Ketenagakerjaan yang berjalan secara otomatis dan terjadwal.

Aplikasi ini baru diluncurkan pada awal November 2016 dan merupakan terobosan baru dari BPJS Ketenagakerjaan. Tujuan aplikasi ini adalah untuk meningkatkan pelayanan kepada peserta dalam hal pelaporan dan pembayaran iuran bukan hanya dalam hal Jaminan Kecelakaan kerja, Jaminan Kematian, Jaminan Hari Tua dan Jaminan Pensiun.

Bahkan, mengenai cara pelaporan data dan pembayaran iuran pun kami permudah dengan aplikasi tersebut.

Maka dengan adanya aplikasi ini diharapkan para peserta tidak perlu jauh-jauh datang ke kantor BPJS Ketenagakerjaan hanya untuk melaporkan data, mereka cukup dengan membalas pesan pendek dari kami dengan format yang sudah ditentukan, maka informasi akan langsung terhubung pada aplikasi kami.

Selain itu beberapa manfaat dengan adanya aplikasi ini adalah untuk mengingatkan perusahaan dalam hal pembayaran iuran agar tidak sampai telat membayar sehingga terkena denda, juga dapat digunakan di mana saja dan kapan saja, akses mudah dan praktis dengan menggunakan handphone jenis apapun.

Dan bagi perusahaan yang menunggak, aplikasi ini juga berfungsi sebagai alat penagih iuran, sehingga diharapkan kedepan tidak ada lagi tunggakan iuran dikarenakan telat bayar atau lupa menyetor.

Sumber : tribunnews.com