Dorothy Perkins Tutup Toko, New Look Menyusul

0
161

Ritel Dorothy Perkins resmi menutup tokonya di Kota Kasablanka, Jakarta Selatan. Ritel pakaian perempuan dan anak-anak asal Inggris tersebut hengkang lantaran kontrak kerja sama antara pemilik merek dan distributornya di Indonesia tak diperpanjang.

“Iya, kami tutup per hari ini. Ini sedang beres-beres. Mau ganti brand (merek) lain,” terang salah satu pelayan toko Dorothy Perkins di Kota Kasablanka, Senin (5/2).

Seluruh pelayan toko tengah sibuk merapihkan barang-barang tersisa. Mereka berbenah dengan kondisi pintu tertutup, menyisakan pelat merek yang terlihat di depan pintu toko.

Di Indonesia, merek Dorothy Perkins dipegang oleh PT Mitra Adiperkasa Tbk, riteler kelas kakap bersandi emiten MAPI. Berdasarkan situs resmi pemilik merek, Dorothy Perkins beroperasi melalui 11 gerai.

Adapun, 5 gerai tersebar di Jakarta, yaitu Central Park, Kota Kasablanka, Senayan City, Grand Indonesia, dan Sogo Plaza Senayan. Sisanya tersebar di Discovery Mall di Kuta-Bali, Galaxy Mall Surabaya, Paris van Java Mall di Bandung, Sogo Tunjungan Surabaya, Sun Plaza Sogo Medan, dan Ambarukmo Plaza di Yogyakarta.

Selain Dorothy Perkins, merek pakaian wanita New Look juga akan tutup toko di Kota Kasablanka pada 19 Februari 2018 mendatang. Bahkan, New Look secara permanen menyudahi seluruh operasionalnya di Indonesia.

“Kami sudah diberitahu oleh manajemen. Kami tutup toko secara permanen. Gerai di Kota Kasablanka ini yang terakhir. Yang lain sisa bazaar saja di Alam Sutera,” kata salah satu pelayan toko di gerai New Look Kota Kasablanka.

Makanya, ia menjelaskan lebih lanjut, New Look menggelar diskon besar-besaran untuk cuci gudang demi menghabiskan barang. Gelaran diskon hingga 60 persen itu sudah dimulai sejak akhir tahun lalu.

“Setahu saya, memang kontrak kerja sama dengan prinsipal merek dari Inggris sudah habis. Tidak diperpanjang lagi. Tutup toko ini pas kerja sama selesai dan sewa tempat habis,” imbuh dia.

Berdasarkan situs resmi perusahaan, gerai New Look memang hanya tersisa di Kota Kasablanka. Adapun, tiga gerai lainnya, yakni di Kemang Village, Central Park, dan Alam Sutera hanya untuk bazaar.

Serupa seperti Dorothy Perkins, merek New Look di Indonesia juga dipegang oleh MAPI.

Sebelumnya, MAPI juga menghentikan operasional Lotus dan Debenhams pada tahun lalu. MAPI merupakan riteler pengelola jaringan merek-merek dari luar negeri. Tak terbatas pada produk-produk fesyen, MAPI juga mengelola jaringan Starbucks, Planet Sports, dan Kidz Station.