Pemandangan berbeda terlihat di Stasiun Manggarai yang terlihat hiruk-pikuk oleh para penumpang Commuter Line Jabodetabek. Biasanya penumpang yang ingin menyeberang antarperon harus bersabar menunggu ketika ada kereta berhenti.

Namun pemandangan itu telah berganti sejak underpass Stasiun Manggarai rampung dibangun. Penumpang yang akan menuju peron sesuai dengan tujuan Commuter Line bisa melewati underpass tanpa perlu menunggu kereta yang tengah berhenti.

Pada papan informasi terdapat penunjuk arah bagi penumpang dan di setiap peron terdapat tangga underpass yang menghubungkan satu sama lain seperti berikut ini :

  1. Peron 1 dan 2 untuk Commuter Line dengan tujuan Bekasi dan Jakarta Kota.
  2. Peron 3, 4, 5, dan 6 untuk Commuter Line tujuan Bekasi, Tanah Abang, Duri, Depok, dan Bogor.

Penampilan underpass memang masih terlihat baru. Ada beberapa bagian yang masih dalam pembangunan. Kondisi udara terasa pengap namun ada 8 kipas angin yang dipasang tersebar di dalam peron.

Kemudian pada setiap sudut underpass dipasang loudspeaker untuk memberikan informasi kepada penumpang. Di beberapa sudut, sudah ada pembangunan sebagai tempat eskalator. Namun belum terpasang. Ada 2 petugas yang tengah membersihkan bagian di dalam underpass.

Beberapa penumpang lanjut usia merasa terbantu dengan di bangunnya underpass ini sehingga lebih mudah dan aman dalam menyebrangi peron.

Selain di stasiun manggarai, 7 underpass di 7 stasiun lainnya juga dibangun untuk mempermudah penumpang menyeberangi antarperon.

Tujuh stasiun tersebut antara lain Stasiun Tebet, Stasiun Cilebut, Stasiun Citayam, Stasiun Bojonggede, Stasiun Sudimara, dan Stasiun Pondok Ranji. Stasiun-stasiun tersebut diprioritaskan karena dianggap memiliki pertumbuhan jumlah penumpang yang tinggi.

Sumber : news.detik.com