Kelapa Sawit Diklaim Paling Efisien Hasilkan Bahan Bakar

0
132

Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDP-KS) mengklaim bahwa tanaman kelapa sawit paling efisien dalam menghasilkan Bahan Bakar Nabati (BBN).

Direktur Utama BPDP-KS Dono Boestami menuturkan, saat ini Saat ini total lahan minyak nabati di dunia telah mencapai 277 juta hektare (ha). Berdasarkan luas tersebut, saat ini lahan sawit hanya mencapai 6 persen atau seluas 16 juta ha.

Sementara itu, luas lahan kedelai di dunia mencapai 122 juta ha, biji rapa (rapessed) seluas 36 juta ha dan bunga matahari seluas 25 juta ha. Sisanya, 77 juta ha lahan ditanami penghasil minyak nabati lainnya.

Dalam Workshopnya bertajuk Media BPDP-KS di Pangkal Pinang, Selasa (26/4) Dono mengatakan bahwa tanaman sawit menghasilkan 4 juta ton per ha, sedangkan keledai hanya 0,4 juta ton per ha. Adapun biji rapa menghasilkan sebanyak 0,7 juta ton per ha dan bunga matahari menghasilkan 0,6 juta ton per ha.

Dengan produktivitas yang tinggi tersebut saat ini Indonesia menguasai sepertiga kebutuhan minyak nabati dunia yang mencapai sekitar 65 juta ton. Pada tahun lalu pun, Indonesia tercatat sebagai negara penghasil minyak kelapa sawit terbesar di dunia dengan produksi mencapai 31,5 juta ton.

Ketua Dewan Pengawas BPDP-KS Rusman Heriyawan menuturkan dari seluruh komoditas, saat ini hanya tanaman sawit yang masih membuat Indonesia tercatat menjadi produsen terbesar nomer satu di dunia. Untuk itu, menurut Rusman, penting bagi Indonesia untuk memastikan keberlangsungan industri kelapa sawit di Indonesia.

“Karena Indonesia dinilai paling menonjol adalah sawit. Maka Indonesia yang paling di-bully dengan kampanye negatif”, terang Rusman.

Jadi pada tahun 2050 mendatang menurut Rusman, kebutuhan minyak nabati diperkirakan akan mencapai 200 juta ton. Dan kebutuhan tersebut pun akan sulit dipenuhi tanpa menggunakan tanaman sawit.

Sumber : www.cnnindonesia.com