Ilustrasi.

Kini Bisnis Enterprise Resource Planning (ERP) atau yang biasa kita kenal dengan perencanaan sumber daya perusahaan di Indonesia kian menjamur menjadi tren, baik lokal mapun internasional. Salah satu pemain lokal di bidang ini adalah Qasico, konsultan IT (information technology) yang mengembangkan produk kustom bisnis.

ERP Qora dikembangkan oleh PT Qasico Teknologi Indonesia (Qasico) dengan menyesuaikan dengan kultur bisnis di Indonesia. ERP internasional biasanya beredar dalam bundle dengan best practice bisnis yang kaku. Akibatnya, sistem bisnis lokal terpaksa menyesuaikan dengan sistem yang ada.

Dikutip dari sindo, Sejak berdiri pada tahun 2013, Qasico adalah konsultan IT yang mengembangkan produk IT kustom untuk bisnis. Qasico membantu perusahaan yang membutuhkan Integrated Business Application (IBA) atau aplikasi integrasi bisnis, seperti sistem ERP, Human Resource Information System dan Point of Sales.

Ardi Arif Suden, Chief Executive Officer (CEO) dari Qasico mengatakan bahwa sistem dari luar negeri bisa saja tak mengakomodasi ragam budaya bisnis di Indonesia. Contohnya, ada permintaan spesifik dari pelanggan mengenai pengiriman barang atau pengembalian barang yang telah dibeli.

Kustomisasi dari Qasico menjadi kelebihan tersendiri mengingat fitur ini biasanya dikenakan biaya tambahan oleh penyedia ERP.

“Kebutuhan orang Indonesia itu unik karena kita saja sudah multikultural. Budaya bisnisnya juga pasti berbeda-beda,” ujar Ardi dalam keterangan persnya, Senin (6/2/2017).

Saat Qasico fokus menjembatani isu ini dengan mengembangkan Qora sejak 2016. Qasico telah memfasilitasi klien lokal, salah satunya logistik Porter Indonesia, serta mengembangkan aplikasi, seperti Konektifa, Klik n’ Clean dan Aruna. Cakupan yang ditanganinya pun beragam, mulai dari gudang, pabrik, ritel, e-commerce hingga perikanan.

Dan ke depannya Qasico akan membentuk pusat pengembangan riset IT di penjuru Indonesia.

Sumber : autotekno.sindonews.com