Meja Kerja Rapi Buat Lebih Produktif

0
309

Menurut riset yang dilakukan Brother, 4 dari 10 pekerja mengatakan memiliki ruangan rapi dan terorganisir membantu mereka lebih produktif. Kemudian, sekitar satu dari tiga orang mengatakan produktivitas dapat meningkatkan karir mereka.

Studi lain yang dipublikasikan di jurnal Psychological Science menemukan, mereka yang menghabiskan waktu di kantor yang rapi cenderung memiliki pilihan makan yang lebih sehat. Tentu saja secara keseluruhan tubuh mereka lebih sehat.

Kendati demikian, merapikan tumpukan kertas di meja bukan perkara mudah. Apalagi membuatnya bisa bertahan tetap rapi terus-menerus. Nah, untuk membantu kamu, ikuti saran dari pakar organisasi ruangan berikut ini:

1. Kosongkan meja

Pakar organisasi Jacquie Denny menyarankan agar benar-benar mengosongkan seisi meja atau ruang kerja terlebih dulu. Kemudian mulai taruh barang-barang yang penting seperti komputer hingga tempat berkas-berkas sesuai urutan terpenting

Di sisi kiri, kamu dapat meletakkan berkas-berkas yang perlu dikerjakan, dan menaruhnya ke sisi kanan setelah selesai.

2. Buang sampah

Jika sudah dibereskan, jangan lupa untuk membuang sampah-sampah dari sisa berkas. Pakar organisasi Felice Cohen mengatakan, sulit mengukur berapa lama seseorang harus menyimpan dokumen pekerjaan, karena setiap orang memiliki pekerjaan berbeda.  Karena itu, bila berkas-berkas tersebut sudah pindah ke data digital, maka berkas fisik bisa segera dibuang.

3. Ketahui apa yang sebenarnya dibutuhkan

Cohen percaya bahwa kita hanya memerlukan komputer, telepon, serta “kotak masuk” untuk mengumpulkan pekerjaan yang harus dilakukan, serta daftar yang harus dikerjakan (to do list) untuk membantu mengatur alur pekerjaan.  Kalau memang butuh sesuatu yang lain, letakkan di tempat yang sudah tersedia—bukan tempat baru yang malah memenuhi meja kerja.

4. Atur file digital

Kamu sudah harus mulai memindahkan berkas-berkas fisik ke digital dengan cara memindai dokumen atau foto. Setelah itu, bersihkan dekstop dengan mengatur berkas (file).

Kumpulkan file sesuai dengan prioritas—seperti membayar tagihan, draft anggaran kuartal berikutnya, materi pemasaran—kemudian membuat file khusus lagi.

5. Simpan barang-barang tertentu

Mulai singkirkan kertas yang berantakan, termasuk catatan post-it dan ganti dengan aksesoris untuk mencatat yang lebih stylish. Selain itu, siapkan almari kecil yang yang dapat menyimpan beberapa barang kecil seperti pulpen, staples, dan barang-barang lain.

6. Rawat dengan baik

Kalau sudah mengatur semua meja, jangan sampai berantakan lagi.  Nah, pastikan sisakan waktu 10-15 menit sebelum pulang kerja untuk membereskan meja kerja agar keesokan harinya bisa bekerja dengan keadaan rapi.

Baca Juga :