Tiga jalan tol akan diresmikan dalam waktu dekat ini segera setelah Penandatanganan Perjanjian Pengusahaan Jalan Tol (PPJT) dalam waktu dekat. Tiga ruas tersebut adalah ruas Serang-Panimbang, ruas Cileunyi-Sumedang-Dawuan (Cisumdawu), dan Parapat-Tebing Tinggi.

Pada awalnya proyek ini direncanakan PPJT untuk akhir tahun. Namun alotnya tahap negosiasi, klarifikasi dan penyusunan dokumen lelang membuat realisasi PPJT harus sedikit mundur ke awal tahun depan.

Kepala Badan Pengatur Jalan Tol (BPJT), Herry Trisaputra Zuna menyampaikan, “Untuk sampai tanda tangan kan butuh proses. Setelah pengumuman pemenang, masih ada lagi prosesnya. Setelah itu dibentuk badan usaha, kemungkinan Januari 2017 baru bisa PPJT. Tapi kita lihat kalau bisa lebih awal akan kita coba”.

Untuk ruas Cisumdawu dan Serang Panimbang sendiri belum ditentukan pemenangnya. Herry menuturkan, kemungkinan minggu depan pemenang dari ruas tol ini bisa diumumkan. Sedangkan ruas Parapat-Tebing Tinggi masih pada proses pembentukan anak usaha bersama dengan Jasa Marga dan Waskita Karya.

Mengenai Parapat-Tebing Tinggi hanya tinggal menunggu usulan dari Hutama Karya soal pembentukan JV sama proposal pengusahaannya sebelum nanti ditandatangani.

“Kalau yang Cisumdawu, klarifikasi sudah, nanti tinggal dilaporkan ke pak Menteri untuk persetujuannya. Mudah-mudahan minggu depan bisa pengumuman. Untuk Serang Panimbang masih negosiasi, tadi saya cek masih sedikit lagi, mudah-mudahan minggu depan juga bisa diumumkan,” tambahnya.

Nantinya setelah ada penandatangan PPJT, maka perusahaan memiliki hak untuk melakukan pengelolaan jalan tol. Langkah awalnya, perusahaan atau investor bisa langsung melakukan konstruksi dan mengoperasikan ruas tol tersebut.

Sumber : finance.detik.com