Pembangunan Terminal Gili Mas Pelabuhan Lembar, di Lombok, Nusa Tenggara Barat tengah di bangun PT Pelindo III (Persero). Hal ini untuk meningkatkan pertumbuhan sektor pariwisata di Nusa Tenggara Barat, khususnya Lombok.

Terminal Gili Mas akan menjadi kawasan marina terbesar di wilayah Indonesia Timur, yang bertaraf internasional. Di terminal ini, kata Orias Petrus Moedak (Direktur Utama Pelindo III)  mengatakan nantinya Terminal Gili Mas akan memiliki tempat parkir khusus bagi kapal pesiar berukuran kecil atau yacht.

Pembangunan marina, dikhususkan untuk menyimpan kapal pesiar kecil yacht, di mana pemiliknya hanya berlayar 1 tahun mungkin 2 atau tiga kali, dan dia akan parkir di situ. Kemudian pemilik kapal pesiar akan datang dua sampai enam bulan kemudian

Bila berbicara tentang cruise, ini akan memuat hingga 2.000 sampai 3.000 penumpang. Dan ini ibaratnya hotel bintang lima yang berlayar. “Penumpang-penumpang ini nantinya akan membawa berita baik kalau kita menerima mereka dengan baik,” kata orias.

Orias sudah meminta kepada pemerintah daerah, supaya selalu siap untuk menyambut calon wisatawan yang bakal berkunjung, setelah Terminal Gili Mas selesai dikerjakan.

“Setiap saya bertemu dengan Gubernur maupun Bupati bilang ke mereka untuk siap-siap, dan mereka menyatakan siap untuk menyambut wisata yang datang. Karena mereka akan menjadi agen-agen untuk mempromosikan daerah kita,” katanya.

Selain itu akan ada berbagai fasilitas di Terminal Gili Mas nantinya untuk mendukung berbagai kegiatan pariwisata di kawasan tersebut

“Setelah pembangunan rampung, akan ada banyak fasilitas yang tersedia. Termasuk amphiteather, terminal untuk yatch, dan pusat-pusat kegiatan lain seperti hotel unfuk mendukung bagi kegiatan wisata maritim di NTB.

Sumber : finance.detik.com