Waskita Karya Akuisisi 55% Saham Jalan Tol Cibitung-Cilincing

0
234

Ruas tol Cibitung-Cilincing resmi di akuisisi PT Waskita Karya Tbk (WSKT) dengan total kepemilikan saham sebesar 55 persen dari perusahaan Malaysia bernama MTD CTP Expressway. Transaksi ini dilakukan melalui anak usahanya, yakni PT Waskita Toll Road.

Direktur Utama Waskita Karya M Choliq mengatakatan, saat ini,kepemilikan ruas tol itu dipegang oleh Waskita Karya dan PT Pelabuhan Indonesia (Pelindo) II. Dan total nilai untuk ruas tol tersebut, yakni Rp1,3 triliun. Namun, total nilai yang dikeluarkan perusahaan hanya sekitar Rp715 miliar.

“Nilainya kalau 100 persen itu Rp1,3 triliun, Pelindo 45 persen, kami 55 persen dari Malaysia,” ujarnya, Kamis (27/4).

Sebetulnya rencana ini sudah dipaparkan perusahaan sejak tahun lalu. Namun, pengambilalihan ruas tol tersebut baru dapat dilakukan pada minggu lalu.

“Yang terakhir, pekan lalu, toll road Cibitung – Cilincing dari Malaysia, PT MTD CTP Expressway sekarang sudah dibeli oleh Waskita Toll Road,” terang dia.

Kini pembebasan lahan untuk ruas tol tersebut telah mencapai sekitar 26 persen dan terbagi dalam empat seksi. Perkembangannya berbeda-beda antara satu seksi dengan seksi lainnya.
Lebih tepatnya panjang ruasnya nanti sekitar 36 kilometer (km).

Choliq mengaku, sudah tiga tahun terakhir ini Waskita Karya masuk sebagai perusahaan pengembangan proyek jalan tol dan langsung menjual ketika jalan tol sudah hampir selesai.

Hal ini berbeda dengan PT Jasa Marga Tbk (JSMR) yang justru mengoperasikan beberapa ruas jalan tol. Bisnis ini juga diklaim membuat kinerja perusahaan terus tumbuh.

“Kontrak baru jadi loncat, tadinya hanya Rp22 triliun atau Rp23 triliun. Tapi, loncat tahun kemarin menjadi Rp70 triliun,” pungkasnya.

Sumber : www.cnnindonesia.com